Langsung Satset Yamaha dan Honda Manfaatkan Konsesi MotoGP 2024, Pembalap Regulernya Ikut Ngaspal

Joni Lono Mulia - Sabtu, 27 Januari 2024 | 19:20 WIB
X/FabioQ20, X/Rins42, HRC, Box Repsol
Pembalap reguler Yamaha dan Honda di MotoGP 2024, Fabio Quartararo dan Alex Rins (atas) serta Joan Mir dan Luca Marini (bawah) langsung satset ngaspal di tes shakedown Sepang

MOTOR Plus-online.com - Pabrikan Jepang, Yamaha dan Honda, dapat konsesi MotoGP 2024 langsung satset tak pakai banyak omong, pembalap regulernya sudah ikut mengaspal di tes shakedown MotoGP 2024 Sepang, awal Februari.

Padahal tes shakedown MotoGP 2024 Sepang itu idealnya buat pabrikan melakukan penyesuaian juga buar pembalap debutan atau rookie beradaptasi.

Namun dengan adannya aturan baru yaitu Konsesi MotoGP 2024, di mana 2 skuat pabrikan Jepang, Yamaha dan Honda masuk dalam kasta terbawah konsesi MotoGP 2024.

Di mana Yamaha dan Honda punya hak konsesi untuk melakukan pengetesan motor MotoGP boleh dengan pembalap regulernya kecuali bagi kategori A sampai C.

Pabrikan MotoGP yang kategori A hingga C di konsesi MotoGP 2024 dilarang pembalap reguler melakukan pengetesan motor MotoGP.

Artinya uji coba atau pengetesan motor MotoGP hanya boleh dijalankan oleh pembalap penguji atau test rider.

Nah sejak beberapa musim terakhir, sebelum tes pramusim MotoGP di 2024 berlangsung, selalu ada tes shakedown.

Sesi ini diperuntukkan hanya buat test rider dan rookie of the year tidak pembalap reguler boleh turut serta.

Baca Juga: Helm Kenangan Marc Marquez Balapan MotoGP Bersama Honda Akan Dijual

Namun dengan berlakunya konsesi MotoGP 2024 terutama kategori D di mana pabrikan di kategori itu boleh menguji coba motor MotoGP dengan pembalap reguler, boleh melakukan uji coba di sirkuit MotoGP manapun.

Source : Berbagai sumber
Penulis : Joni Lono Mulia
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular