Serius Pertamina Bakal Jual Bensin Pengganti Pertalite Rp 10 Ribu Per Liter Nilai Oktan Lebih Tinggi?

Galih Setiadi - Rabu, 27 Maret 2024 | 10:25 WIB
Dok. MOTOR Plus-Online.com
Foto ilustrasi motor isi bensin. Pengganti Pertalite akan dijual Pertamina dengan harga Rp 10 ribu nilai oktan lebih tinggi?

MOTOR Plus-online.com - Jadi idaman banyak orang bensin murah apalagi dengan harga setara Pertalite tapi kualitas lebih bagus.

Bikin penasaran apakah benar Pertamina akan menjual bensin pengganti Pertalite dengan harga sama namun nilai oktannya lebih tinggi, simak penjelasannya sampai habis.

Seperti yang brother tahu, harga bensin Pertalite Rp 10 ribu per liter dan berlaku di seluruh Indonesia.

Harga bensin Pertamina tersebut berlaku sejak kenaikan dari angka Rp 7.650 per liter pada 3 September 2022.

Di tengah ramainya pembahasan bensin subsidi tersebut, rupanya PT Pertamina (Persero) memiliki keinginan untuk tidak menjual Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan Reseach Octane Number atau RON 90.

Keinginan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) No.P/20/menlhk/setjen/kum.1/3/2017 Tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, Kategori N, dan Kategori O.

Di Pasal 3 ayat (2), disebutkan kalau BBM jenis bensin minimal punya nilai oktan 91.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso bilang, pihaknya akan mengganti Pertalite namun harganya tetap sama.

Baca Juga: Enggak Tahunya Sudah 4 Kasus Pertalite Tercampur Air di SPBU Pertamina dari 2023

"Kami sudah membuat kajian dan sudah bicarakan ke pemerintah (Kementerian ESDM). Nantinya Pertalite diganti dengan RON 92 dengan harga yang sama Rp10.000 per liter," ungkap Fadjar dikutip dari Tribunnews.com.

Penulis : Galih Setiadi
Editor : Joni Lono Mulia




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular