Honda Sonic 150R Ini Juara Pakai Injektor KTM

Motorplus - Sabtu, 20 Mei 2017 | 14:00 WIB

Mantap nih Bro Irfan Chupenk. Doi berhasil sabet podium satu kelas Bebek 4-Tak 150 cc Tune Up (Mesin Berdiri), dalam event Jambore Otomotif Jabar 2016 di Delta Mas, Cikarang (02/10) lalu. Bahkan Honda Sonic 150R pacuan Chupenk, tak terkejar dari awal lap hingga bendera finish dikibarkan.

Sirkuit yang lay out-nya lebih banyak lurusnya ini, membuat bengkel CLD Empush Racing mengubah setingan khusus pada Sonic Chupenk. Terutama komponen penyuplai bensinnya. Penasaran kan? Yuk, kebet ulasan lengkapnya.

Baca juga: Honda Sonic 150R Disuntik Klep R25 danTB CB 150R

1. SILINDER & KOMPRESI.

Buat kejar kompresi tinggi, “Silinder dijejali piston BRT berdiameter 57,28 mm dengan profil agak jenong. Dengan piston ini, rasio kompresi bisa dapat 12,7 : 1,” ungkap Anggoro Diar, asisten mekanik tim CLD Empush Racing yang markasnya di Ciledug, Tangerang.

2. KLEP 23/20 MM.

Agar asupan gas deras ke ruang bakar dan pembuangan lebih lancar, kedua klep diganti yang gedean milik Kawasaki Ninja 250R, dengan ukuran 23/20 mm (in/ex). “Untuk trek dadakan di Delta Mas ini, pakai klep segitu masih cukup lah,” papar Diar yang sedang riset klep 24/21 mm untuk balap HDC. Tak lupa saluran masuk dan buang ikut diporting polish.Sitting dan bos klepnya pakai bahan albronze,” imbuhnya.

Honda Sonic 150R 2016 (Tangerang)

3. NOKEN AS.

Durasi kem dicustom ulang. Pada bagian in, lama bukaan klep isap diset 268°, itu terhitung sejak angkatan 1 mm. Rinciannya, klep isap membuka di 30° sebelum TMA dan menutup di 58° setelah TMB. Sedangkan durasi kem ex dibuat 269°, dimana klep buang membuka di 59° sebelum TMB dan menutup di 30° setelah TMA. LSA bermain di angka 102-103°.

4. TB HONDA & INJEKTOR KTM 250.

Nah, ini dia salah satu kunci ngacirnya Sonic besutan Chupenk hingga berhasil sabet podium kesatu. Untuk memperderas asupan bahan bakar dan udara, “Throttle body (TB) comot punya Honda CB150R, yang direamer lagi jadi 33 mm. Trus disandingkan dengan injektor kepunyaan KTM 250 cc. Semprotan bensin injektor KTM ini bisa amencapai 300 cc per menit,” beber Diar.

DATA MODIFIKASI

Knalpot             : CLD Monster

Aki                : Shorai

Per klep            : CLD

Kampas kopling     : CLD (www.motorplus-online.com)

Penulis : Motorplus
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular