19 Fakta Menarik MotoGP Catalunya Spanyol Sejak Era 2-tak

Ryan Tambun - Jumat, 9 Juni 2017 | 15:08 WIB

Gelaran balap MotoGP sebentar lagi akan masuk seri ke-7 tepatnya di Sirkuit Catalunya, Spanyol (11/6).

Sirkut yang layoutnya dirubah di tikungan ke-12 akibat kecelakaan yang menewaskan Luis Salom beberapa tahun silam menguak fakta menarik.

Apakah Valentino Rossi dapat mengulangi kerjaannya di musim lalu?

Berikut faktanya :

1. Hanya tiga sirkuit yang menjadi tuan rumah terlama Grand Prix: Jerez, Mugello dan Assen.

2. Selama era empat motor 4-tak, Yamaha mengoleksi sembilan kemenangan di Catalunya, termasuk dua musim terakhir. Honda memiliki empat kemenangan.

3. Ducati telah mencetak dua kemenangan, termasuk debut pabrikan Italia bersama Loris Capirossi pada 2003. Podium terakhir Ducati di Catalunya dicapai Casey Stoner pada 2010.

4. Suzuki kali terakhir menang di Catalunya bersama Kenny Roberts Jr., saat kelas 500 cc pada 2000. Musim lalu, Maverick Vinales finis keempat, menyamai hasil terbaik pembalap Suzuki di Catalunya, yakni John Hopkins pada 2006 dan 2007.

5. Dua musim lalu, Aleix Espargaro membawa Suzuki start dari pole position. Ini merupakan pole perdana bagi Suzuki sejak Chris Vermeulen memuncaki kualifikasi di Assen 2007.

6. Pembalap terakhir yang start dari pole di Catalunya adalah Jorge Lorenzo pada 2010. Yang juga kali terakhir pembalap start terdepan keluar sebagai pemenang. Satu-satunya pembalap yang memenangi MotoGP Catalunya dari pole position adalah Valentino Rossi pada 2006.

Penulis : Ryan Tambun
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular