Cara Pabrikan Non Jepang Jual Komponen Genuine Part

Nurul - Kamis, 20 Juli 2017 | 06:14 WIB

Tren jual spare part online jadi bidikan pabrikan non Jepang di Indonesia.

Bukan semata untuk memudahkan konsumennya, membuka transaksi spare part online juga untuk menumbuhkan kepercayaan dari konsumen.

"Tujuan utamanya agar konsumen percaya. Jaringan dealer kami enggak sebanyak pabrikan Jepang. Dengan adanya fasilitas jual spare part online ini, konsumen yang jauh dari dealer enggak ragu beli produk kami. Karena ketersediaan spare part jelas ada," ucap Rizal Tandju, Marketing Manager PT TVS Motor Company Indonesia.

Selain menyediakan website resmi untuk menjual spare part secara online, TVS juga memberikan promo penarik lainnya.

(BACA JUGA: Substitusi Kampas Kopling Kawasaki KLX 150 Lebih Menggigit)

Seperti tidak memungut biaya kirim untuk pembelian spare part ke seluruh wilayah di Indonesia.

"Promo hanya penarik agar konsumen menggunakan layanan yang kita sediakan. Jika mereka sudah mencoba, puas akan muncul kepercayaan. Sejauh ini respon konsumen bagus dan penggunanya tetap tumbuh," tambah Rizal.

Bukan cuma TVS, pabrikan non Jepang lainnya seperti SYM dan Benelli juga tertarik dengan sistem jual spare part online.

Tujuan utamanya sama, untuk menumbuhkan kepercayaan dari konsumen.

"Selain harga motor, hal lain yang dipikirkan konsumen sebelum beli motor adalah ketersediaan spare part. Kita memang ada rencana menuju ke sana. Karena tren di pasar juga seperti itu," yakin Dadang Komara, Sales & Marketing Manager PT Emforce Indonesia, APM SYM.

Untuk pabrikan besar Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki mungkin tidak khawatir dengan penyebaran spare part.

Jaringan dealer yang berada hampir di setiap wilayah membuat semuanya jadi mudah. Tapi tetap, layanan online untuk spare part tetap jadi unggulan.

"Kalau mau cek ketersediaan dan harga spare part Yamaha tinggal lihat di aplikasi. Yang pakai smartphone bisa download Yamaha Parts Catalogue. Di situ daftar spare part semua model berikut kode parts dan harga ada semua," ucap Slamet Kasianom, Senior Technical PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Pabrikan Jepang yang punya banyak jaringan adanya fitur spare part online semakin memudahkan konsumen.

Setidaknya konsumen tahu berapa HET (Harga Eceran Tertinggi) untuk sebuah spare part. Jadi, enggak bisa dibohongi lagi oleh penjual spare part atau bengkel nakal.

Bikers pintar, silakan manfaatkan program menarik dari pabrikan ini. (www.motorplus-online.com)

Penulis : Nurul
Editor :




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular