Tanda V-belt CVT Motor Matic Honda BeAT Rusak, Begini Penjelasan Ahli Teknisi AHM

Ardhana Adwitiya - Rabu, 21 Desember 2022 | 15:36 WIB
Kolase Aant/Otomotifnet.com dan Hondacengkareng.com
Ilustrasi v-belt di CVT motor matic Honda BeAT.

MOTOR Plus-online.com - Tanda v-belt di CVT motor matic Honda BeAT rusak dan minta diganti, simak penjelasan ahli teknisi PT Astra Honda Motor (AHM). Motor matic seperti Honda BeAT dilengkapi v-belt di area CVT.

V-belt CVT motor matic Honda BeAT punya peran penting. Drive belt atau v-belt berfungsi sebagai penghubung antara Drive Pulley atau puli depan dengan Driven Pulley atau puli belakang.

"Fungsi belt meneruskan putaran Drive pulley ke Driven pulley," kata Endro Sutarno, Technical Service Division AHM saat dihubungi MOTOR Plus-online, Rabu (30/11/2022).

V-belt merupakan tali khusus yang terbuat dari bahan karet yang dicampur serat kawat baja. Bahan karet digunakan karena sanggup menahan gesekan antara puli depan dan puli belakang.

V-belt pada CVT motor matic dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki flexibilitas tinggi.

Perlu bikers catat, v-belt memiliki usia pakai sekitar 15.000-25.000 kilometer. Makanya bikers wajib ganti v-belt jika sudah mencapai jarak tempuh segitu.

Jika enggak diganti, siap-siap v-belt CVT putus di jalan dan motor enggak bisa jalan.

Tapi bikers jangan khawatir, ada tanda-tanda v-belt CVT motor matic Honda BeAT minta diganti.

Baca Juga: Perhatikan Tanda-tanda V-Belt CVT Motor Matic Rusak, Awas Putus di Jalan

"Tanda-tandanya performa motor turun, akselerasi jadi kurang, dan suara mesin di bagian CVT akan lebih kasar dibanding sebelumnya," kata Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) saat dihubungi MOTOR Plus-online, Selasa (13/12/2022).

Source : HondaCengkareng.com
Penulis : Ardhana Adwitiya
Editor : Aong




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

TERPOPULER

Tag Popular